Jumat, 02 November 2012

Binatang Yang Punya Kekuatan Sengatan Aliran Listrik

Binatang  yang punya kekuatan sengatan aliran listrik digunakan untuk milindungi diri dan melumpuhkan mangsanya. Kunang-kunang adalah binatang yang bisa mengeluarkan sinar pada waktu malam karena pada bagian tubuhnya dia punya aliran listrik. Selain kunang-kunang ada beberapa jenis binatang lain yang juga punya aliran listrik di tubuhnya. Namun aliran listrik tidak memunculkan cahanya tapi justru digunakan untuk membunuh mangsa yang ingin dijadikan santapan bagi dirinya. Binatang ini hidup di dalam air atau lautan.

binatang yang punya aliran listrik

Salah satu jenis binatang yang punya aliran listrik tinggi dan selalu digunakan untuk mematikan lawan atau calon mangsanya adalah catfish electrick. Ikan sejenis lele ini banyak ditemukan di daerah Afrika. Dia bisa menghasilkan aliran listrik hingga ukurannya mencapai 350 volt. Daya sebesar ini bida dipakai untuk menyalakan komputer dalam jangka waktu 45 menit. Dalam satu kali gerakan saja, ikan lain yang ada didekatnya bisa terkena setrum dan mati. Maka tugas catfish selanjutnya tinggal menyantap ikan tersebut.

Di Amerika Selatan juga terdapat binatang yang punya aliran listrik dan bertegangan tinggi, yaitu belut listrik. Karena tegangan listrik yang dihasilkan begitu tinggi, jenis binatang ini bisa membunuh manusia dewasa dalam waktu yang sangat singkat. Oleh sebab itu binatang ini juga dimasukan ke dalam jenis binatang buas paling berbahaya dan mematikan.

Ikan belalai gajah yang sering berkeliaran di sungai-sungai Afrika Tengah dan Barat juga punya aliran listrik yang letaknya ada di bagian ekor. Yang cukup unik adalah ketika difungsikan, aliran ini bisa membedakan apakah makluk atau binatang yang ada didekatnya merupakan musuh atau calon mangsa yang bisa dijadikan sebagai santapan. Dinamakan belalai gajah karena hidung ikan ini bentuknya sangat mirip dengan belalai milik binatang berukuran besar tersebut.

Hiu kepala martil, selain punya daya pukul yang sangat kuat terutama pada bagian mulut yang bentuknya seperti palu, binatang ini juga punya aliran listrik yang bisa dipakai untuk melakukan pendektesian dimana mangsa berada. Dan bukan itu saja, aliran listrik yang ada di tubuhnya bisa digunakan untuk mengukur dan meneliti kecepatan arus air di mana dia sedang berada.

Electric Skate, adalah binatang sejenis ikan pari yang sebagian besar waktunya dihabiskan di bagian paling dalam sebuah lautan. Dengan aliran listrik yang dimiliki oleh tubuhnya, ikan yang bentuk tubuhnya lebar ini mampu mematikan binatang lain yang akan dijadikan mangsa seperti siput, udang atau kerang. Selain itu binatang yang punya aliran listrik ini juga berfungsi untuk melalukan komunikasi dengan electric skate lainnya yang masih berada di wilayah yang sama.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar